CAMAT KANDANGHAUR TINJAU RUMAH WARGA TERDAMPAK GELOMBANG PASANG DI PESISIR ERETAN KABUPATEN INDRAMAYU  

CAMAT KANDANGHAUR TINJAU RUMAH WARGA TERDAMPAK GELOMBANG PASANG DI PESISIR ERETAN KABUPATEN INDRAMAYU   

Indramayu kabarane com. – Gelombang pasang terjadi beberapa hari terakhir di beberapa wilayah Indramayu. Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Kandanghaur yang mengakibatkan sejumlah rumah yang berada di tepi pantai terendam air laut dan mengalami kerusakan ringan.

Berdasarkan laporan dari Pemcam Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, pada Selasa (27/12/2022), situasi dan kondisi gelombang pasang terkini di Desa Eretan Kulon Blok Pangpang 1, RT 01/01 Wilayah Pesisir yang mengakibatkan 2 (dua) rumah terkikis ombak.

Camat Kandanghaur Hatta Direja bersama jajaran langsung meninjau lokasi, Dirinya menuturkan, gelombang pasang ini yang menerpa Desa Eretan Kulon, Blok Pangpang diakibatkan oleh angin barat dimana kondisi ini dimulai pukul 11.00 siang hingga 17.00 sore.

“Izin kami laporkan terkait kondisi dan situasi terkini di Desa Eretan Kulon Blok Pangpang yang beberapa hari ini terjadi gelombang pasang, dengan ombak besar beserta angin kencang yang diakibatkan oleh angin barat ini mengakibatkan 2 rumah di pesisir pantai milik warga mengalami kerusakan ringan,” ungkapnya.

Camat Kandanghaur Hatta Direja mengatakan, upaya penanganan sementara dilakukan pembangunan bronjong (Red: silinder berisi batu sebagai fondasi) di pesisir pantai guna menangkal ombak besar dari air laut sehingga melewati batu tersebut. Beruntung, peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban luka ataupun korban jiwa.

Lanjut Camat Kandanghaur Hatta, dirinya menghimbau kepada para wisatawan, para pemilik warung, dan masyarakat pesisir pantai agar tidak menuju bibir pantai selama kondisi gelombang tinggi masih berlangsung.

“Kami menghimbau masyarakat agar dapat bertahan di rumah masing-masing. Untuk para wisatawan dan pemilik warung di pesisir pantai juga diharapkan bisa menunggu situasi yang aman dan kondusif, kita harus tetap waspada,” tegasnya.

(Alung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *