Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto.S.A.P Hadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2024

Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto.S.A.P  Hadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2024

Indramayukabarane.com_     Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto.S.A.P

menghadiri kegiatan Musrenbang rencana kerja pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2024, di Aula Nyi Endang Dharma Ayu, Universitas Wiralodra Indramayu, Kabupaten Indramayu, Rabu (15/3/2023).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A., Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P., Sekda Kabupaten Indramayu Drs. H. Rinto Waluyo, M.Pd., Kajari Indramayu Ajie Prastya, S.H., M.H., Kasat Pol PP Kab. Indramayu Teguh Budiarso, S.Sos., M.Si., Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Indramayu Ruditomo Surotomo, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Kab. Indramayu Drs. Muhammad Kasim, M.H., Kepala Bappeda Kab. Indramayu Dra. CH. Iin Indrayanti., M.Si., serta para Camat dan Kuwu Se-Kabupaten Indramayu.

Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto.S.A.P mengatakan, kegiatan ini dalam rangka membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan pembangunan Kabupaten.

Sambungnya, kegiatan tersebut adalah Musyawarah perencanaan pembangunan MUSREMBANG rencana kerja pemerintah Kabupaten Indramayu Tahun 2024 yang bertema Peningkatan Infrastruktur Dalam Rangka Penguatan Ekonomi Sebagai Modal Terwujudnya Indramayu Lumbung Pangan Nasional.

“Kegiatan Musrenbang dipimpin langsung oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bappeda Kabupaten Indramayu menyampaikan, pada tanggal 14 sampai 23 Februari 2023 antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan pembangunan Kabupaten.

Acara ini dihadiri oleh para kepala desa tokoh masyarakat dan anggota DPR RI dapil hasilnya adalah kesepakatan atas usulan kegiatan tahapan selanjutnya yaitu melakukan input usulan pada tanggal 1 sampai 12 Maret 2023 usulan Desa dalam PDRI dilakukan mulai tanggal 1 sampai 5 Maret 2023 yang menghasilkan sebanyak 3300 usulan kegiatan kemudian input usulan pokok-pokok pikiran ke dalam isi PDRI dilakukan mulai tanggal 6 sampai 12 Maret 2023 yang menghasilkan sebanyak 911 usulan kegiatan dan yang selanjutnya input usulan hibah Bansos ke dalam isi PDRI dilakukan mulai tanggal 7 sampai 12 Maret 2023 dan menghasilkan sebanyak 314 usulan kegiatan.

Forum konsultasi publik Bahwa dalam rangka menghimpun aspirasi atau masukan para pemangku kepentingan terhadap kualitas dan sasaran pembangunan serta rancangan awal RKPD tahun 2024 yang bertujuan untuk menghimpun aspirasi atau masukan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2024 kemudian juga untuk menguatkan komitmen yang akan dituangkan dalam rancangan awal RKPD tahun 2024 dalam mewujudkan visi Indramayu.

Forum lintas perangkat daerah yang merupakan produk sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah provinsi dan kabupaten kota tujuannya yaitu 8 program kegiatan perangkat daerah kabupaten Indramayu.

Musrenbang mempertajam indikator target kinerja program dan kegiatan perangkat yang sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam menjalankan program kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan pelaksanaan pembangunan daerah tujuan terakhir yaitu menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan Pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

Kabupaten Indramayu tahun 2024 yang bertujuan membahas rancangan RKPD Kabupaten dalam rangka mengatasi permasalahan Pembangunan Daerah menyepakati Prioritas pembangunan daerah menyepakati program kegiatan Pagu indikatif indikator dan target kinerja serta lokasi kemudian penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan Prioritas pembangunan dan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan dari kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan.

Sementara dalam sambutannya Bupati Indramayu menyampaikan, pembangunan sangatlah krusial dalam menentukan arah pembangunan daerah dalam upaya penyelesaian permasalahan yang belum mampu ditempatkan sepenuhnya guna mengakses lokasi pembangunan musrenbang RKPD menjadi momentum yang tepat dalam menampung berbagai masukan dan usulan dari seluruh elemen baik pemerintah akademisi swasta komunitas hingga masyarakat dalam rangka penajaman penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi maupun anggaran Oleh karena itu dalam proses penyusunan RKPD tahun 2024 semua pemangku kepentingan hingga aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk memberikan sumbangan pemikiran yang visioner dan inovatif serta bagi perangkat daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

Berperannya dunia usaha dalam proses pembangunan di Kabupaten Indramayu dunia usaha dapat berkontribusi melalui peraturan yang berlaku dengan perhitungan dan kemampuannya masing-masing Mari perkuat Sinergi dan kolaborasi untuk Kabupaten Indramayu ke arah yang lebih baik lagi dan diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2024 akan lebih terarah terukur dan akuntabel serta menjawab isu-isu strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah.

Mengeksplorasi berbagai hal yang menjadi isu strategis di Kabupaten Indramayu diantaranya yaitu pertama Penanganan dan pencegahan stanting menuju Indramayu Zero stanting yang saat ini kita sudah 14,4% dari 29,9% ini berkat usaha kita bersama ditekankan kepada dinas terkait untuk terus Mengingat bahwa Indramayu haruslah zero stunting di tahun 2024.

SKPD kabupaten Indramayu bahwa telah menjadi orang tua asuh untuk anak-anak stunting di tahun 2025 kita bisa menjemput Indonesia emas mudah-mudahan Indramayu menjadi pilot project untuk zero stunting yang kedua peningkatan SDM dalam rangka peningkatan daya saing daerah ini sangat kita butuhkan.

Program unggulan Indramayu yang salah satunya adalah jaket kejar paket harapan bersama untuk jemput masyarakatnya untuk mendapatkan sertifikat agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi

“Selesai sambutan-sambutan kemudian dilanjutkan penandatanganan Musrenbang oleh Forkopimda Kabupaten Indramayu dan Perwakilan Kuwu dan Camat.” (Yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *