Kerap Picu Banjir, Warga Jumbleng Blok Pon -Pes Bongkar Gorong-gorong dari Hasil Swadaya  

Kerap Picu Banjir, Warga Jumbleng Blok Pon -Pes Bongkar Gorong-gorong dari Hasil Swadaya   

Indramayukabarane.com Warga Desa Jumbleng Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu , gotong-royong membongkar gorong-gorong yang tersumbat dan membersikan kotoran yang menyumbatnya Selasa 26 Desember 2022.

Terpantau Setiap turun hujan deras jalan di pemukiman warga desa Jumbleng RT 01/02 pasti langganan banjir
dikarenakan saluran drainase. Selain akibat tingginya intensitas curah hujan, salah satu penyebab banjir disinyalir akibat saluran buangan air yang tidak sesuai dengan kebutuhan, terlalu kecil, dan tidak permanen.

Sedikitnya, ada puluhan warga RT 01/02 desa Jumbleng yang ikut dalam kegiatan memperbaiki jalan yang dananya diperoleh dari hasil sumbangan atau swadaya masyarakat tersebut.

Saat di konfirmasi Salah Satu warga Yang enggan di sebut namanya menjelaskan,salah satu penyebab banjir disinyalir akibat saluran buang air yang hanya satu. Itupun dengan gorong-gorong yang terlalu kecil , sehingga sering tersumbat sampah atau longsoran pasir.tuturnya

“Oleh karena itu, dengan pembangunan saluran drainase secara swadaya dan diharapkan dapat mengatasi bencana banjir di masa-masa mendatang,” katanya.

Banyak yang diambil hikmahnya dari gotong royong, salah satunya mempererat tali silaturahmi dan menjaga kekompakan warga Desa Jumbleng Rt 01/02 Blok Pon pes yang tadinya jarang bertemu karena aktivitas sehari-hari dengan bergotong royong akhirnya dapat bertemu.

Pewarta B syanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *