Plt Camat Cikedung Hadiri Kunker Kapolres Indramayu di Mapolsek Cikedung

Plt Camat Cikedung Hadiri Kunker Kapolres Indramayu di Mapolsek Cikedung

Indramayukabarane. com – Plt. Camat Cikedung Encep RS menghadiri Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar SH. SIK. MH., di Mapolres Cikedung Kabupaten Indramayu, Rabu (8/2/2023).

Dalam kunjungannya, Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar SH. SIK. MH., disambut Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Cikedung Iptu Junata Tisnasenjaya bersama jajaran Polsek Cikedung. Kegiatan ini dihadiri pula oleh anggota TNI, Kepala Desa dan jajaran Pemdes Cikedung.

Dalam penyampaiannya Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar SH. SIK. MH., berharap, sinergitas TNI, Polri dan Satpol-PP tetap terjalin hingga terwujudnya situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan nyaman di lingkungan masyarakat.

Pada kesempatan ini berharap terwujudnya pola kerja 4P dan O2H tidak perlu dihapal namun harus diserap dan dilaksanakan oleh seluruh anggota Polsek Cikedung.

Diterangkannya, pola kerja 4P adalah Prediktif, yakni anggota kepolisian harus mampu menganalisis dan memprediksi terjadinya potensi kriminalitas dengan cara mengumpulkan data-data potensi kriminalitas.

Kemudian Proactif, yakni dengan data-data potensi kriminalitas yang ada, petugas kepolisian mendatangi lokasi untuk mencegah terjadinya kriminalitas sehingga kehadiran polisi dapat membuat masyarakat merasa aman.

Selanjutnya adalah Partnership, yakni membangun kerjasama dengan berbagai stakeholders dan seluruh lapisan masyarakat. Jangan bekerja sendiri, libatkan Forkopimcam atau tiga pilar dalam mengantisipasi gangguan kriminalitas demi mewujudkan keamanan di masyarakat.

Serta terakhir adalah Problem Solving, yakni mampu memberikan jalan keluar dengan mengedepankan kemampuan menganalisis permasalahan.

Lebih lanjut Kapolres Indramayu menjelaskan pola kerja O2H. Yang pertama adalah Otot, yakni

bekerja dengan kekuatan fisik yang memadai sehingga sehingga mampu melaksanakan tugas yang diberikan hingga tuntas. Kemudian 2 H adalah Hati Nurani, yakni bekerja dengan hati nurani yang selalu mengedepankan rasa keadilan dan kemanusiaan.

“Misi saya yaitu membentuk Polisi modern, dekat dan bersahabat dengan masyarakat. Contoh kegiatan Polisi yang dekat dan bersahabat dengan masyarakat, yaitu sambangi warga dan melaksanakan bhakti sosial,” paparnya.

Sementara itu Plt Camat Cikedung Encep RS mengatakan, dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang aman dan nyaman, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan jajaran TNI dan Polri guna terwujudnya kondusivitas masyarakat yang lebih baik. (Zamhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *