Babinsa Koramil 1612/Lelea Memberikan Edukasi  Pencagahan PMK Kepada Warga Desa Cempeh Kecamatan Lelea

Babinsa Koramil 1612/Lelea Memberikan Edukasi  Pencagahan PMK Kepada Warga Desa Cempeh Kecamatan Lelea

Indramayukabarane.com- Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku belah terutama hewan ternak rumahan, Kodim 0616/Indramayu telah menugaskan anggota Koramil 1612/Lelea Serma Subagja untuk melaksanakan kegiatan komsos dengan para Peternak, hal itu dengan tujuan Pendataan peternak (sapi, kambing/domba, kerbau dan Ayam) di Perternakan Kambing milik Waryan yang berjumlah 15 ekor blok Mijen Rt 6/3 Desa Cempeh Kec. Lelea kab. Indramayu. Jumat, 28/4/2023.

Dalam kesempatan ini hewan yang dilakukan pemeriksaan yang diindikasi mengalami PMK yakni sapi, kambing dan kerbau. Disamping itu, Subagja juga telah mensosialisaskan serta memberikan edukasi pencagahan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) bagi para peternak di Desa Cempeh Kec. Lelea kab. Indramayu.

 

“Kami nemliki target 10 peternak dalam 1 hari, selama 30 hari dengan jumlah total 300 peternak di wilayah Kab. Indramayu,”Katanya.

Sibagja menambahkan, Upaya pencegahan ini perlu dilakukan karena penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung dan tidak langsung, seperti sarana transportasi yang terkontaminasi ternak yang sudah terinfeksi virus PMK.

Dia berharap apabila pedagang mendapati hewan yang memiliki ciri-ciri PMK tersebut untuk tidak mengambil lagi hewan dari daerah asal.

“Agar tidak menjadi carier (pembawa) penyakit PMK bagi hewan ternak di Kabupaten Indramayu,” Pungkasnya. (B.syanto) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *