Hadiri Sedekah Bumi Buyut Canim , Suyanto Berharap Tradisi Ungkapan Rasa Syukur Masyarakat Kepada Tuhan Ini Terus Lestari.

Hadiri Sedekah Bumi  Buyut Canim , Suyanto Berharap Tradisi Ungkapan Rasa Syukur Masyarakat Kepada Tuhan Ini Terus Lestari.

Indramayukabarane.com– Kepala Desa Jumbleng Suyanto menghadiri kegiatan sedekah bumi Buyut Canim yang digelar Desa Jumbleng Blok Karang Bong, Kecamatan Losarang. Rabu (30/11/2022).

Dimana dalam kegiatan tersebut menampilkan kesenian rakyat sandiwara lingga buana dari desa Muntur . Ratusan warga bergotong royong membawa gunungan tumpeng nasi dan hasil bumi, sementara yang lain masing-masing membawa ‘berkat’ untuk dimakan bersama-sama setelah doa dipanjatkan.

Kuwu Suyanto menyampaikan, tradisi sedekah bumi merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan. Sedekah bumi, juga diartikan sebagai sarana memanjatkan doa, agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bencana.

“Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan oleh pendahulu kita,sebagai generasi yang mewarisi kebudayaan ini, hendaknya kita terus memelihara keberadaan tradisi sedekah bumi agar kebudayaan ini tetap terlestarikan keberadaannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemanfaatannya saja yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada makanan yang terbuang,” ujar Kuwu Suyanto

Suyanto berharap dengan kegiatan sedekah bumi tersebut menjadi salah satu cara dalam bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan rezeki dari hasil panen, disamping juga atas semakin berkurangnnya bencana .

Dalam kesempatan ini Kuwu Suyanto juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga tali silaturahmi anatara warga desa Jumbleng sehingga Jumbleng bisa maju baik dalam bidang pertanian maupun tambaknya ,” tambahnya.

Sementara itu Lurah Jumbleng Didi Cahyono, menyampaikan semoga acara adat Sedekah Bumi Buyut Canim ini berjalan lancar dan kondusif tidak satu pun halangan yang tidak kita inginkan . harapannya

Pewarta Alung
Editor B.syanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *