Antusiasnya Anak-Anak TK/PAUD Ikuti Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek

Antusiasnya Anak-Anak TK/PAUD Ikuti Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek

Indramayukabarane.com – Ratusan anak-anak dan para orang tua beserta guru Taman Kanak-Kanak (TK) ramaikan kegiatan rutin Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek yang diselenggarakan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Indramayu, Sabtu (10/12/2022).

Sabtu Ceria kali ini dihadiri oleh anak-anak TK dari Kecamatan Indramayu, Balongan, Sindang, Lohbener dan Arahan. Meski berada di luar kota, Bupati Nina Agustina sangat mengapresiasi menyampaikan rasa bangga dan bahagia melihat anak-anak generasi penerus bangsa menampilkan berbagai kreasi seni budaya Indramayu.

Komunikasi lewat telepon dengan Kepala Bidang Pembinaan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Bupati Nina Selaku Bunda PAUD Kabupaten Indramayu sangat mendukung kepada anak-anak untuk terus mengembangkan kreativitas pada Kegiatan edukasi pemanfaatan Taman Tjimanoek yang bertajuk Sabtu Ceria ini.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Mardono mengucapkan terimakasih kepada Bupati Nina, dimana gagasan dan wawasan untuk dunia pendidikan ini sangat bermanfaat.

“Saya sangat berterimakasih kasih sekali kepada ibu Bupati Indramayu Nina Agustina yang sekaligus selaku Bunda PAUD kabupaten Indramayu, dengan adanya relokasi-relokasi yang terdapat di Taman Tjimanoek ini sangat luar biasa gagasan dan wawasan beliau untuk dunia pendidikan karena sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah,” ujarnya.

Mardono melanjutkan bahwa kegiatan Sabtu Ceria ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi dunia pendidikan, dimana dunia pendidikan saat ini memakai konsep Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sebagai Standar Kompetensi Kelulusan pada PAUD yang merupakan kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik.

“Inilah salah satu bentuk dari merdeka, pada putra putri kita khususnya pendidikan di usia dini, yang namanya merdeka belajar itu tidak berarti belajar hanya di dalam kelas, kegiatan ini pun merupakan merdeka belajar, bisa mengenalkan putra putri kita dunia luar guna menginspirasi putra putri kita untuk mempunyai gagasan, wawasan, pandangan yang sangat luas, inilah program pemerintah yang sangat bagus dan kami merespon dengan antusias,” paparnya.

Sebagai Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Mardono berharap kegiatan rutin Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek dapat menstimulasi kreativitas pada anak-anak.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Indramayu Roaenah juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah menggagas Taman Tjimanoek sebagai taman edu wisata, tempat berekreasi dan edukasi bagi masyarakat umum.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang telah mendukung acara ini, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta pelukis King Jerry.

“Tidak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara ini diantaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup yang sudah memberikan dan mengajak anak-anak bermain eco brick yang sangat bermanfaat sekali, kemudian Dinas Pertanian dan Peternakan yang bersiap bersama anak-anak bermain dan belajar menanam pohon,” ungkapnya.

Roaenah menambahkan, kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip yang telah menyiapkan rumah baca bagi anak-anak guna mencintai literasi sejak dini, dimana dengan adanya rumah baca dapat menjadi bekal istimewa yang perlu dimiliki oleh anak-anak Indramayu, menurutnya sebagai penanaman budaya literasi pada usia dini ini akan menggambarkan kemampuan berfikir kritis dan menyiapkan anak untuk memasuki dunia sekolah.

 

Dirinya juga memaparkan bahwa dengan menggandeng Dinas Perikanan dan Kelautan yakni acara memasak olahan ikan yang ditunjukkan untuk para orang tua murid agar orang tua murid dapat ikut merasakan kegembiraan di Sabtu Ceria ini, serta kepada pelukis King Jerry yang sangat inspiratif mengajak semua anak-anak yang hadir disini untuk suka ria bermain warna dengan finger painting nya melalui sentuhan seni dari hati anak-anak Indramayu.

“Semoga Himpaudi semakin jaya, pihak-pihak terkait pun semakin jaya, mudah-mudahan aktivitas kita semua bisa memacu dan memicu semangat putra-putri Indramayu tercinta untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” pungkasnya.

Red (Alung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *