KEPALA DESA PUNTANG  LAKSANAKAN SEDEKAH BUMI.INI TRADISI WARISAN LELUHUR YANG HARUS DI LESTARIKAN

KEPALA DESA PUNTANG  LAKSANAKAN SEDEKAH BUMI.INI TRADISI WARISAN LELUHUR YANG HARUS DI LESTARIKAN

Indramayukabarane.com- Berbagai Cara Masyarakat Mempertahankan Warisan leluhur budaya bangsa, seperti halnya Yang dilakukan oleh Kepala Desa Puntang   Kecamatan  Losarang Kabupaten Indramayu, Pada hari ini Saptu ,  26 November 2022 menggelar Tradisi Sedekah Bumi Buyut Sukaraja Desa puntang , Kecamatan Losarang  yang mana masyarakatnya bisa digerakkan dengan unsur budaya dan tradisi. Wilayah yang berada di Kecamatan Losarang  Kabupaten Indramayu itu tetap mempertahankan warisan leluhur, dengan sedekah bumi dan Kirab karnaval  untuk warga desanya dalam rangka mempersatukan masyarakat agar tetap tenteram dan rukun.

Upacara Adat Sedekah Bumi Desa Puntang Kecamatan Losarang Tahun 2022 berjalan dengan lancar dan dimeriahkan dengan : Kirab karnaval  Budaya, ogoh -ogoh ,gunungan tumpeng burung hantu banteng  srigala dan iring iringan traktor yang dihiasi .

Hj.Qoniatun Khaeriyah  selaku kepala Desa Puntang mengatakan selain untuk mempertahankan Warisan Leluhur, sedekah bumi ini juga sebagai bentuk wujud rasa syukur kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan untuk mempererat Tali silaturahmi antar sesama warga.  Selain mempertahankan warisan leluhur, sedekah Bumi ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan untuk mempererat tali silaturahmi Antar warga, ujarnya

“Menurutnya, cara meningkatkan pembangunan sebua‎h desa bisa diawali dengan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat, dengan memperkuat hubungan baik antara pejabat desa, pemuda dan warga. demi satu tujuan, yakni terus menjadi lebih baik. Seperti visi-misi desa ‘bermartabat.” Tuturnya. Hj.Qoniatun Khaeriyah.

Nono anggota BPD desa Puntang menuturkan  dengan diadakan acara sedekah bumi ini dari BPD mensport dan ikut melestarikan adat desa dan setiap ada agenda acara desa melalui BPD  dan BPD lah yang membentuk panitia dan mensport karena adat sedekah bumi ini jangan sampeh  dihilangkan dengan adanya ini masyarakat Puntang guyub selalu. Dan dapat  berpartisipasi dalam kegiatan karnaval walaupun acara intinya merupakan sedekah bumi.ucapnya

Harapanya muda-mudahan dengan acara sedekah bumi ini masyarakat Puntang   mendapat kan keberkahan tutur Nono .

Pewarta zamhari
Editor B.syanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *