Babinsa Koramil 1611 Losarang Laksanakan Pengamanan Sedekah Bumi Di Desa Jumbleng

Babinsa Koramil 1611 Losarang  Laksanakan Pengamanan Sedekah Bumi Di Desa Jumbleng

kabar Indramayu –Sedekah Bumi biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu dengan beberapa rangkaian kegiatan. Dari kirab karnaval dan ditutup dengan doa bersama, Rabu (09/11/2022).

Sedekah Bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Sedekah bumi di Desa Jumbleng ini merupakan salah satu desa yang masih memegang teguh dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang kita. Acara perayaan Sedekah Bumi ini memiliki perbedaan yaitu adanya arak arakan karnaval ,Dalam Karnaval tersebut dimeriahkan oleh penampilan angklung Kalbat crew pimpinan saroni dari Desa Anjatan hingga ogoh-ogoh lengkap dengan dandanan unik para peserta.Ada patung Bandeng Naga dan banteng Mereka melakukan pawai mengelilingi jalan desa.

Danramil 1611 Losarang Kapten TNI Supangkat yang diwakili oleh Babinsa Jumbleng, Serma A rochman s , mendukung penuh kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap dipertahankan di masa modern seperti saat ini.

Menurut Serma A rochman s “kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh desa masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih diteruskan dan dikenalkan kepada penerus muda di Desa Jumbleng,” tutur Serma A rochman s .

Pewarta B syanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *