Tari Topeng Tumenggung Dan Kelana Meramaikan Sedekah Bumi Desa Puntang

Tari Topeng Tumenggung Dan Kelana Meramaikan Sedekah Bumi Desa Puntang

Indramayukabarane.com– pertunjukan tari topeng Tumenggung dan Kelana pada upacara adat Sedekah Bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa  Puntang Kecamatan Losarang , Kabupaten Indramayu . Upacara adat Sedekah Bumi, yaitu upacara adat desa sebagai ungkapan rasa syukur (slametan) atas segala yang ada di bumi dan berhubungan dengan pertanian. Upacara Sedekah Bumi ini dilaksanakan selalu pada bulan Oktober saat sawah akan ditanami padi. Upacara adat desa ini tidak terlepas dengan adanya berbagai pertunjukan sebagai acara hiburan, salah satu pertunjukannya yaitu tari topeng .Tumenggung Kelana .Adanya tari topeng  pada upacara Sedekah Bumi di Desa Puntang  merupakan bagian yang menarik Minggu.  (27/11/2022)

Tari topeng Tumenggung  di diperagakan Resti & Cesilia , tari Topeng Kelana , Sesa. Dan tari srimpi oleh Cantika sari.  dari UPTD SD Puntang 2

Menurut.  Guru pembimbing Diky Ananda mengatakan  kami siap mendidik anak-anak yang mau belajar menari  khusunya tari topeng yg merupakan tari tradisi warisan yang perlu dilestarikan, kami memberikan les/ belajar tarian dari usia murid SD, SMP sampai SLTA, adapun waktunya adalah hari minggu, bertempat di UPTD SD Puntang .ungkapnya.

Suhartono Sebagai BPD, dan perwakilan dari Pemdes Puntang  sangat mengapresiasi dengan penampilan Tari topeng dan tari serimpi semoga masyarakat desa Puntang anak anaknya bisa ikut belajar menari dan juga merasa bangga kepada seluruh masyarakat desa. Puntang yang selalu guyub di acara sedekah bumi. Buyut Sukaraja yang  diselenggarakan setiap tahunya, terima kasih teruntuk panitia pelaksana, suport dari pemdes Puntang, Babinsa, Babinmas serta seluruh masyarakat  yg perduli dengan adat ini, semoga musim tanam tahun 2023 mendapatkan hasil yg memuaskan dan keberkahan…aamiin ungkapnya.

Pewarta zam

Editor B.syanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *