Tradisi Sedekah Bumi di Desa Losarang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu

Tradisi Sedekah Bumi di Desa Losarang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu

Indramayukabarane.com-Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Losarang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga.
Acara itu dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai

Acara sedekah bumi desa Losarang
dihadiri juga dari petugas pengamanan yang dilibatkan dalam pelaksanaan karnaval dan adat sedekah bumi ini antara lain anggota Polsek Losarang, anggota Koramil 1611/Losarang dan anggota Satpol PP Kecamatan Losarang.  Kehadiran para undangan di sambut hangat oleh Pemeritahan Desa Losarang bertempat di halaman kantor Desa Losarang, Minggu,(27 /11/ 2022).

Kuwu  Arifin  dalam sambutanya, “Kegiatan adat sedeka bumi ini memang diperingati secara rutin tiap tahun, harapanya kegiatan ini menjadi sarana silaturahim, antara masyarakat Losarang menjadi desa yang maju, subur, makmur gema rifah lohjinawi, dan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang sudah hadir dan membawah tumpeng, mari kita jaga adat istiadat kita jangan sampai hilang kegiatan ini merupakan tradisi nenek moyang yang
sudah turun temurun dilakukan ungkanya

Sedangkan salah satu Sesepuh Desa, Lebe Nur Wahid , mengatakan,”bahwa sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Losarang umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar.

“Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini, serta dijauhkan dari bala/ wabah pandemic yang sedang melanda Indonesia.” paparnya.

Maskana warga desa sekitar ikut bersuka cita mensyukuri nikmat yang telah di berikan Allah dengan cara mengeluarkan hasil panen desa untuk di wujudkan dalam acara selamatan desa (sedekah bumi). Perayaan tersebut banyak dihiasi berbagai bendera uang. Bahkan ada beberapa kelompok warga membuat tumpeng terhiasi sedemikian rupa hingga sangat indah untuk di lihat. Di antara hiasan tumpeng tersebut di tata berbagai hasil bumi.

Pewarta Zamhari
Editor B.syanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *