Ratusan Pelajar Kota Mangga Ramaikan Jumbara PMI Tahun 2023

Ratusan Pelajar Kota Mangga Ramaikan Jumbara PMI Tahun 2023

Indramayukabarane.com  – Karangampel

Ratusan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat memeriahkan Jumba Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu Tahun 2023.

 

Meski dalam kondisi mendung, semangat dari pelajar sangat luar biasa saat mengikuti pembukaan Jumbara PMI yang dibuka langsung Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Setda Indramayu Ahmad Budiharto yang dalam hal ini mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar.

 

Bertempat di SMP Darul Maarif Karangampel Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Sabtu (28/1/2023). pembukaan Jumbara PMI Kabupaten Indramayu Tahun 2023 ini dihadiri H. Dedi Wahidi, Dewan Pembina Yayasan Darul Maarif yang juga anggota dpr-ri

Kemudian Forkopimda Indramayu, Ketua PMI Kabupaten Indramayu, sejumlah kepala perangkat daerah terkait di lingkup Pemkab Indramayu dan unsur Forkopimcam Karangampel dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Ahmad Budiharto mengatakan, PMI adalah perhimpunan nasional, salah satu komponen dari gerakan internasional palang merah dan bulan sabit merah yang sekarang telah berusia hampir 77 tahun.

“Jejaring organisasinya tersebar lebih dari 400 kota di seluruh nusantara, salah satunya PMI Kabupaten Indramayu,” katanya.

Dalam kesempatan ini disampaikan, PMI melakukan upaya pembinaan terhadap generasi mempunyai wadah yang disebut Palang Merah Remaja (PMR) yang merupakan calon relawan PMI masa depan yang potensial, yang diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjamin kesinambungan organisasi.

“Berdasarkan pada hal tersebut maka PMR harus dididik, dibina dan dikembangkan sejak dini agar bisa menjadi sosok relawan yang berkarakter ke-indonesia-an terampil kreatif, sehat, cerdas, dan memiliki jiwa kepemimpinan,” pintanya.

Diungkapkan Ahmad Budiharto, Jumbara adalah salah satu sarana untuk mewujudkan harapan tersebut melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakannya, anggota PMR dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sesuai Tri Bhakti PMR.

“Tri Bhakti PMR yaitu Meningkatkan keterampilan hidup bersih dan sehat, Berkarya dan berbakti di masyarakat, kepemimpinan, peduli, kreatif, dan kerjasama. Terakhir, mempererat persahabatan nasional dan internasional,” ungkapnya.

Sehingga diharapkan, Jumbara sebagai sarana evaluasi komprehensif terhadap kurikulum pembinaan dan pelatihan keterampilan serta pengetahuan kepalangmerahan anggota PMR (Madya dan Wira). sejalan dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Sarana Komunikasi.

Selain itu Jumbara juga sebagai sarana pemantauan dan evaluasi kualitas pembinaan dan pengembangan kelompok PMR di Kabupaten Indramayu, terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bakti PMR, dan pengembangan kapasitas. Dengan tema Jumbara PMR ke VIII Tingkat Kabupaten Indramayu : Cerdas, Tanggap dan Hebat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini para anggota PMR se-kabupaten Indramayu dapat berkreasi dan meningkatkan keterampilan untuk mewujudkan remaja yang hebat,” pungkasnya. (zamhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *